by

9 Manfaat dan Alasan Anda Harus Makan Buah Berry

-Kesehatan-587 views

Radar.co.idBuah berry banyak sekali jenisnya, dimulai dari yang paling lazim seperti stroberi hingga beberapa varian yang sangat sulit sekali ditemukan di sekitar kita, seperti Acai Berry. Meskipun memiliki banyak sekali jenis dan rasa yang berbeda, tetapi semua buah Berry memiliki nutrisi yang sangat menakjubkan.

Beberapa yang paling terkenal adalah stroberi, blackberry, dan blueberry, dimana ketiga berry tersebut merupakan jenis dengan kadar antioksidan yang sangat tinggi.

Antioksidan sendiri merupakan nutrisi yang harus tubuh anda dapatkan demi mengusir radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit.

Nah, ternyata manfaat buah berry tidak berhenti sampai di sana saja. Dikutip dari berbagai macam penelitian dan sumber, berikut adalah 11 alasan kenapa anda harus mengkonsumsi buah berry dari waktu ke waktu.

1. Dikemas Dengan Antioksidan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, buah berry mengandung antioksidan yang berguna untuk membuat radikal bebas dalam tubuh tetap terkontrol. Radikal bebas sendiri merupakan sejenis molekul tak stabil yang sebenarnya sangatlah bermanfaat jika terakumulasi dalam jumlah kecil.

Namun jika radikal bebas tersebut terlalu banyak, malah bisa merusak sel-sel dalam tubuh anda, sehingga berpotensi menyebabkan stres oksidasi.

Untungnya, buah berry merupakan sumber antioksidan terbaik yang bisa anda dapatkan. Jenis antioksidan tersebut berupan antosianin, asam ellagic, dan resveratrol. Selain mereka mampu menjaga sel-sel anda, senyawa tanaman tersebut telah digunakan untuk mengurangi penyakit tertentu.

Misalnya dalam sebuah penelitian terhadap kaum pria yang mengkonsumsi 300 gram blueberry ternyata mampu membanntu menjaga DNA mereka dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber 1.

Dalam penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi 500 gram stroberi selama 30 hari mampu mengurangi penanda pro-oksidan sebanyak 38%. Sumber 2.

2. Meningkatkan Respon Insulin

Jika respon terhadap insulin anda normal, maka secara otomatis anda pun bisa terhindar dari berbagai macam penyakit terkait, seperti kondisi kadar gula darah yang tinggi dan diabetes.

Dalam sebuah tes tabung dan penelitian terhadap manusia juga memperlihatkan bahwa buah berry mampu menjaga sel-sel anda dari kadar gula darah tinggi, membantu meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi kadar gula darah anda setelah makan. Sumber 3.

Menariknya, efek tersebut terlihat pada orang sehat maupun pada orang-orang yang tengah menderita resistensi insulin.

3. Tinggi Akan Serat

Buah berry juga merupakan sumber yang sangat baik akan serat, termasuk serat larut. Sementara itu, banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi serat larut maka mampu memperlambat pergerakan usus sehingga membuat anda merasa kenyang lebih lama. Kondisi ini bermanfaat bagi siapa saja yang tengah menjalani diet menurunkan berat badan.

Kandungan serat yang tinggi pada buah berry menunjukkan bahwa kadar karbohidrat dalam buah tersebut juga cenderung rendah, dengan begitu mereka menjadi jenis makanan yang sangat baik bagi pelaku diet rendah karbohidrat.

4. Menyediakan Banyak Sekali Nutrisi

Selain mengandung antioksidan dan serat serta rendah kalori, buah berry juga ternyata sangatlah kaya akan vitamin dan mineral, terutama kaya akan vitamin C. Faktanya, dari 150 gram stroberi saja sudah mampu memberikan anda vitamin C sebanyak 150% dari kebutuhan harian anda. Sumber 4.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram blackberry yang dikutip dari self.com:

  • Kalori: 43
  • Vitamin C: 35% AKG
  • Mangan: 32% AKG
  • Vitamin K1: 25% AKG
  • Tembaga: 8% AKG
  • Folat: 6% AKG

Jumlah kalori dari 100 gram buah berry hanya berkisar antara 32 hingga 57. Artinya, buah berry termasuk ke dalam salah satu jenis buah dengan kandungan kalori terendah yang bisa ditemukan di sekitar anda.

5. Membantu Melawan Peradangan

Ternyata buah berry juga memiliki efek anti-radang yang sangat kuat dan ampuh. Peradangan sendiri sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dan digunakan saat anda terkena infeksi atau luka.

Tetapi gaya hidup modern saat ini cenderung membuat seseorang terkena peradangan berlebihan. Peradangan jangka panjang tersebut pun cenderung disebabkan oleh stres, kurangnya aktivitas fisik, dan pilihan makanan yang kurang menyehatkan.

Jenis peradangan kronis ini dipercaya sebagai biang keladi dari berbagai macam kondisi medis seperti diabetes, penyakit jantung, hingga obesitas.

Jadi, untuk mengatasi peradangan tersebut, pertama-tama anda harus mengubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat, dan memilih varian makanan menyehatkan seperti buah berry.

Sudah banyak pula penelitian yang menunjukkan bahwa antioksidan dalam buah berry mampu membantu mengurangi penanda peradangan.

Misalnya dalam sebuah penelitian terhadap orang-orang gemuk menemukan bahwa setelah mereka mengkonsumsi jus stroberi (tanpa gula) ternyata mampu mengurangi penanda peradangan tertentu. Sumber 5.

6. Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi juga merupakan kondisi kesehatan yang sangat serius, bahkan bisa membuat anda terkena penyakit jantung. Untuk menanganinya, cobalah anda mengkonsumsi raspberi hitam dan stroberi, terutama jika anda saat ini tengah mengalami obesitas atau menderita sindrom metabolik. Sumber 6.

Terlebih lagi, buah berry mampu membantu mencegah kolesterol LDL menjadi teroksidasi atau rusak, yang mana merupakan faktor resiko utama seseorang terkena penyakit jantung.

7. Baik Untuk Kulit Anda

Buah berry juga mampu membantu mengurangi kerutan di kulit anda dikarenakan kadar antoksidan yang dimilikinya. Meskipun penelitiannya masih terbatas, tetapi asam ellagic nampaknya membantu dalam memberikan manfaat terhadap berbagai macam kondisi kulit.

Dalam sebuah tes tabung dan penelitian terhadap binatang sendiri telah memperlihatkan bahwa antioksidan dalam buah berry mampu menjaga kulit dengan cara memproduksi enzim pemecah kolagen pada kulit yang rusak akibat sinar matahari. Sumber 7.

Kolagen sendiri merupakan sejenis protein yang merupakan bagian dari struktur kulit anda. Protein tersebut akan membuat kulit anda meregang dan tetap kencang. Namun ketika kolagen tersebut rusak, maka otomatis kulit anda pun menjadi kendor dan berkeriput.

  1. Membantu Melawan Kanker

Beberapa jenis antioksidan dalam buah berry seperti antosianin, asam ellagic, dan resveratrol memiliki kemampuan dalam mengurangi resiko kanker, terutama kanker kerongkongan, mulut, payudara, dan usus besar.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 20 orang penderita kanker usus besar menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi 60 gram raspberry beku dan kering selama 1-9 minggu mampu mengatasi penanda tumor mereka secara signifikan. Sumber 8.

  1. Menjaga Arteri Tetap Sehat

Selain kemampuannya dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, berry juga sudah terbukti mampu memberikan manfaat terhadap kesehatan jantung anda, termasuk meningkatkan fungsi arteri.

Terdapat sel-sel yang melapisi pembuluh darah anda yang dikenal dengan sebutan “sel endotel”. Mereka bertugas dalam mengontrol tekanan darah, mencegah pembekuan darah, dan melakukan fungsi penting lainnya.

Namun, kelebihan peradangan bisa merusak sel-sel tersebut sehingga mengganggu jalannya fungsi mereka secara normal. Kondisi ini kemudian disebut sebagai “disfungsi endotel”, yang juga menjadi salah satu faktor resiko anda terkena penyakit jantung yang mematikan.

Untungya, banyak sekali penelitian yang telah menemukan bahwa buah berry mampu meningkatkan fungsi endotel baik pada orang dewasa yang sehat maupun penderita sindrom metabolik. Sumber 9.

Meskipun buah berry yang telah diproses, dikeringkan, atau dibekukan juga masih memberikan anda berbagai macam manfaat, tetapi kandungan nutrisi terbesarnya masih bisa anda dapatkan dari buah berry yang masih utuh dan segar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed